Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Gas Pertamina untuk Rumah Tangga Diresmikan di Jambi

Kompas.com - 27/04/2015, 11:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Jaringan gas (jargas) Kota Jambi yang dibangun sejak 2013 telah rampung dan diresmikan pekan lalu oleh Menteri ESDM Sudirman Said, didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto serta Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.

Dengan diresmikannya jargas tersebut, warga Jambi bisa memanfaatkan gas alam untuk keperluan masak sehari-hari. Sebanyak 4.000 rumah tangga yang terhubung jargas Jambi dikelola oleh Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas).

"Masyarakat Kota Jambi selangkah lebih maju dalam kehidupan rumah tangganya karena telah menikmati gas sampai ke rumah," ucap Menteri ESDM Sudirman Said dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (27/4/2015).

Sudirman mengatakan, penghematan yang diperoleh dengan penggunaan jargas mencapai Rp 45 miliar per bulan, angka yang besar dan bisa dipergunakan untuk investasi. Diperkirakan, hingga Agustus ada sekitar 4.000 rumah tangga yang terhubung jargas.

Sudirman menuturkan, angka ini masih sangat kecil dibanding potensi gas kota yang mencapai 7,9 juta titik. Pembangunan jargas untuk rumah tangga merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk mendiversifikasi energi, mengurangi subsidi, menyediakan energi bersih dan efisien, ramah lingkungan, serta murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com