Kompas.com - 30/04/2015, 06:03 WIB
EditorErlangga Djumena

Oleh Dedy Dahlan
@dedydahlan

KOMPAS.com - Dalam bagian 1 yang saya tulis minggu lalu, saya sudah menjelaskan apa saja langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merinci modal profesi baru yang “Anda Banget”.  (baca: Menyiapkan Modal Usaha ala "Passionpreneur" (1)) Sehingga Anda bisa berhenti nyangkut dalam ‘limbo nggak ada modal’.  Stop berkilah dan bersilat lidah dengan urusan dompet, dan maju membangun profesi idaman Anda!

Intinya adalah memahami sebenarnya “Berapa modal yang Anda butuhkan, dan untuk apa”.
Tetapi bagaimana kalau Anda betul-betul nyangkut dalam masalah modal uang? Dan saat Anda masih loncat sana loncat sini kesulitan mengumpulkan modal uang, Anda pun sudah kebelet bin enggak sabaran ingin cepat- cepat mengeksekusi profesi sesuai passion Anda?
Apa tetap harus nunggu ada duitnya dulu?

Saya sih, enggak pernah suka duduk bengong menunggu!
Sambil menunggu terkumpulnya modal uang, Anda bisa memakai modal-modal lain yang Anda miliki dan ada di tangan Anda dulu, untuk bisa segera mulai, saat ini juga!
Inilah jenis- jenis modal lainnya yang bisa digunakan oleh passionpreneurs dalam mulai berkarya:

1. Modal Network
Teman, sobat, keluarga, kenalan, om, tante, mentor, tetangga, dan semua orang yang kita kenal bisa ngebantu kita mulai melangkah. Saya sudah pernah menceritakan bagaimana saya menghubungi semua nomor telepon kenalan saya untuk mencari koneksi dan memulai karier saya sebagai penulis.

Kenalan kita, jaringan kita, dan network kita itu berharga! Mereka bisa dihubungi sebagai sumber informasi, sebagai konsumen ataupun investor! Mereka bisa jadi pelanggan, dan rekan bisnis kita! Modal ini bisa terus diperluas dengan mengembangkan jaringan Anda di berbagai tempat!

2. Modal Skill
Apa yang Anda bisa, apa yang Anda jago itu aset paling berharga! Sebagai passionpreneur, profesi terbaik dan paling ideal untuk diri Anda adalah bidang yang Anda suka, dan Anda Jago! Artinya, profesi yang ingin Anda mulai adalah profesi dimana Anda punya skill yang bisa diandalkan dan bisa dijual. Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda jago dan bisa Anda pakai? Bagaimana bisa Anda jual? Bagaimana Anda bisa memakai skill Anda segera untuk menghasilkan sesegera mungkin?

3. Modal Pengetahuan
Apa yang Anda tahu bisa membawa Anda jauh ke depan. Knowledge is Power! Jadi kalaupun Anda belum memiliki modal uang yang cukup untuk membiayai start up profesi Anda, Anda bisa memperluas pengetahuan Anda dalam bidang itu, pelajari berbagai hal yang orang lain tidak tahu, dan jadikan itu modal mulai!

Dengan pengetahuan Anda, Anda bisa menemukan celah plan C yang tidak membutuhkan banyak modal, atau bisa meyakinkan konsumen atau klien, atau calon investor Anda tentang kredibilitas Anda.

4. Modal Ide
Percaya nggak? Ide itu mahal lho. Enggak semua orang bisa punya ide keren!  Kalau Anda tidak punya banyak uang untuk start up profesi yang Anda banget, pastikan Anda bisa mengembangkan ide Anda, dan berkreasi dengan ide yang mumpuni!

Tetapi ide saja tidak cukup, sertakan rencana eksekusi matang bersama ide Anda, dan gunakan ide dan rencana itu sebagai modal Anda untuk melangkah mencari partner! Atau kenapa enggak, mungkin Anda bisa mencari ide tentang bagaimana menjual jasa dan profesi baru Anda langsung dengan cara baru!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.