Empat Paket Calon Bersaing Kursi Direksi BEI

Kompas.com - 04/05/2015, 08:00 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya, tim-tim para calon direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) mendaftarkan secara resmi kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Ada empat paket yang sudah mendaftar," ujar Nurhaida, Kepala Eksekutif bidang Pasar Modal OJK lewat pesan singkat kepada Kontan, Kamis (30/4/2015).

Keempat paket itu adalah paket yang dipimpin Samsul Hidayat, Abiprayadi Riyanto, Ronlad T Andi Kasim dan Tito Sulistio.

Samsul Hidayat bilang, timnya telah resmi menyampaikan dokumen resmi pendaftaran pagi hari. Namun, ia enggan mengatakan berapa banyak dukungan yang diperoleh dari para anggota bursa (AB).

Begitu juga dengan Ronald. Ia hanya bilang, pihaknya tidak sulit dalam menyamakan visi dan misi di antara masing-masing direksi. Maklum, paket Ronald mengalami sedikit perubahan. Awalnya, Reynaldi Hermansjah berencana mengikuti seleksi untuk duduk di kursi BEI. Namun, berhubung sulit menggalang dukungan sesuai ketentuan, akhirnya paket Reynaldi memberikan dukungan yang telah didapat ke paket Ronald.

Sebagai kompensasi, ada empat calon direksi dari paket Reynaldi bergabung ke paket Ronald. Mereka adalah Kristian Sihar Manullang, calon Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI; Bambang Widodo Siswowijoto, calon Direktur Perdagangan dan Kepatuhan Anggota BEI; Ignatius Girendroheru, calon Direktur Penilaian Perusahaan; serta Fifi Virgantaria, calon Direktur Teknologi Informasi.

Lebih lanjut, setelah lolos penyeleksian dokumen, maka para calon direksi BEI harus melewati uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Berdasarkan jadwal, mulai 1 Mei 2015-3 Juni 2015 akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

OJK akan membentuk komite fit and proper test yang terdiri dari lima orang. Ketua Dewan Komisioner OJK akan mengisi posisi sebagai ketua komite. Salah satu anggota komite bisa berasal dari eksternal. Biasanya, ia memiliki keahlian di bidang teknologi informasi (TI). Hingga saat ini komite fit and proper test belum dibentuk.

Namun, Nurhaida bilang, komite itu belum dibentuk dan akan segera membentuknya. Jika pada saat fit and proper test ada satu atau lebih posisi yang belum terisi akibat tidak ada yang memenuhi syarat, para paket bisa mengajukan nama lain. Batas pengajuan nama baru ini akan berakhir pada 11 Juni 2015. Setelah itu, pada 18 Juni 2015, OJK akan menyampaikan surat kepada direksi BEI saat ini terkait para calon terpilih.

Setelah itu, para calon direksi periode 2015-2018 akan disahkan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) BEI pada 25 Juni 2015. Asal tahu saja, belum tentu calon-calon terpilih ini berasal dari paket yang sama. OJK akan menentukan mana yang terbaik untuk masing-masing posisi dari setiap paket direksi.

Bahkan, bisa saja, calon yang mendaftar pada posisi tertentu terpilih untuk posisi lain jika OJK menilai ia lebih kompeten di posisi lain itu. Nurhaida bilang, pihaknya akan melihat latar belakang calon yang bersangkutan. Jika komite menilai si calon juga cocok di posisi lain, sebelum tes dilakukan, OJK akan menanyakan kepada mereka apakah siap diuji di posisi lain.

Jika bersedia, maka ia juga akan mengikuti ujian untuk divisi lain tersebut. Ini berlaku tidak hanya untuk posisi direktur, tetapi juga direktur utama. Jadi, bisa saja saat ini mencalonkan diri sebagai direktur utama, tetapi ia hanya lolos untuk jabatan direktur keuangan, maka jabatan itu yang akan diemban hingga tiga tahun mendatang. (Amailia Putri Hasniawati)



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X