Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulan Menteri ESDM Diterima, Wiratmadja Puja Jadi Dirjen Migas

Kompas.com - 06/05/2015, 10:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan dilantik sebagai Dirjen Migas, Kementerian ESDM, pada Kamis (7/5/2015).

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku pemilihan pejabat eselon 1 yang menangani sektor migas ini tidaklah mudah. Dibutuhkan proses berbulan-bulan, mulai dari open recruitmen, hingga proses seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel). Selanjutnya, tiga nama di peringkat teratas diajukan ke Sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

“Kebetulan dari tiga orang yang diajukan itu ranking pertama, Pak Wirat. Bukan saya yang menentukan, yang menentukan pansel. Sangat objektif,” kata Sudirman, Jakarta, Selasa (5/5/2015) malam.

Sementara itu, disinggung mengenai kabar yang menyebutkan ada pilihan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni mantan Plt.Dirut Pertamina M.Husen sebagai Dirjen Migas, Sudirman mengaku tidak pernah mendengarnya. “Saya tidak pernah mendengar atau merasa bahwa Wapres punya preferensi tertentu. Sidang TPA sangat terbuka,” imbuh Sudirman.

Namun dia mengaku, Kementerian ESDM sempat kembali mengusulkan Wirat, sebab sempat ada keputusan yang tidak sesuai dengan ranking. Menteri ESDM sebagai penanggungjawab sektor berhak memberikan usulan kembali.

“Kenapa kita usulkan lagi Pak Wirat, karena Pak Wirat ke dalam (internal) sudah diterima dengan baik, ke stakeholder (eksternal) baik, dan beliau adalah orang yang juga bersahabat dengan media,” kata Sudirman.

“Rasanya kalau Pak Wirat duduk di sana pekerjaan saya sebagai menteri akan sangat dibantu. Alhamdulillah tadi sore diputuskan bahwa Pak Wirat akan dilantik sebagai Dirjen Kamis,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com