Geser Telkom, HM Sampoerna Masuk Empat Besar Kapitalisasi Terbesar di BEI

Kompas.com - 07/05/2015, 07:02 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) berhasil kembali masuk ke posisi empat sebagai emiten dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia per kuartal I-2015.

Emiten rokok ini berhasil menggeser PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang sebelumnya ada di posisi empat besar. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai kapitalisasi pasar HMSP per akhir Maret 2015 mencapai Rp 322,04 triliun.

Nilai pangsa pasar HMSP ini melonjak dari Rp 285,77 triliun per akhir Februari 2015 dan menempati posisi ke lima. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) juga berhasil merangsek ke peringkat lima sebagai emiten dengan market cap terbesar.

Pada bulan sebelumnya, emiten konsumer ini ada di posisi tujuh. Berarti, UNVR mampu menanjak hingga dua tingkat sekaligus. Total nilai kapitalisasi pasar UNVR pun meningkat dari Rp 274,68 triliun menjadi Rp 302,52 triliun.

Naiknya HMSP dan UNVR membuat TLKM merosot hingga dua tingkat lebih rendah, yakni ke posisi ke enam. Nilai kapitalisasi pasar BUMN halo-halo ini sekitar Rp 291,31 triliun per akhir Maret 2015. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga tergelincir ke posisi tujuh setelah sebelumnya ada di peringkat enam.

Nilai kapitalisasi pasar BMRI per akhir kuartal I-2015 berkisar Rp 288,17 triliun. Angka ini naik tipis dibanding bulan sebelumnya yang sebesar Rp 277,2 triliun. Adapun, di posisi delapan hingga 10 tidak berubah.

Mereka secara berturut-turut adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM). Nilai kapitalisasi masing-masing sebesar Rp 133,38 triliun, Rp 116,35 triliun, dan Rp 98,12 triliun.

Sementara, ada dua emiten baru yang masuk ke dalam daftar 50 besar. Dua emiten itu adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) yang ada di posisi 45 dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) di peringkat 49. Nilai kapitalisasi pasar AMRT sebesar Rp 22,01 triliun. Sedangkan, AKRA memiliki nilai kapitalisasi pasar sekitar Rp 20,05 triliun. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.