Tanri: Mempekerjakan Orang Asing Lebih Untung daripada Jual BUMN

Kompas.com - 07/05/2015, 11:30 WIB
Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng, Jakarta, Selasa (2/12/2014) YOGA SUKMANAMantan Menteri BUMN Tanri Abeng, Jakarta, Selasa (2/12/2014)
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng menilai lebih baik mempekerjakan tenaga kerja asing daripada menjual perusahaan BUMN ke asing.

Menurut Tanri, BUMN bisa maju mengikuti gaya dan kinerja orang asing yang lebih disiplin.

"Mempekerjakan orang asing lebih menguntungkan daripada dijual perusahaan BUMN," ujar Tanri di kantor Kementerian BUMN, Rabu (6/5/2015).

Tanri memaparkan meski orang asing bisa bekerja di perusahaan BUMN, namun ada beberapa jabatan yang tak bisa diambil. Dalam hal ini Tanri menyebutkan jabatan direksi dan Direktur Utama perusahaan BUMN harus orang lokal.

"Pada waktu itu saya mengatakan jangan jual BUMN kita, kalau kekurangan eksekutif orang asing aja bawa masuk," ujar Tanri.

Tanri yakin perusahaan sekelas Pertamina masih bisa ditingkatkan kinerjanya. Salah satunya dengan mendatangkan orang asing ke dalam tubuh perseroan.

"Mending digenjot daripada dijual perusahaan BUMN, itu saya punya prinsip," papar Tanri. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X