Tutup Celah Mafia Migas, Sudirman Usulkan Indonesia Masuk OPEC Lagi

Kompas.com - 07/05/2015, 14:51 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyadari Indonesia sangat banyak ketinggalan dinamika pasar minyak dunia. Dia menyadari hal tersebut disebabkan salah satunya, Indonesia memutuskan keluar dari Organisasi Negara Eksportir Minyak atau OPEC.

Menurut Sudirman, ada baiknya jika Indonesia bisa masuk kembali menjadi bagian dari OPEC, pada 2008. "Itu (menjadi bagian OPEC) merupakan bagian dari menutup celah yang disebut rent seeker," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Sudirman sangat yakin, para pengambil keuntungan tersebut muncul lantarn jarak yang terlalu lebar antara penjual dan pembeli minyak. "Tapi begitu kita dekat, akan lebih baik (keadaannya)," sambung Sudirman.

Dia bilang, jika berposisi sebagai pembeli, Indonesia tidak akan bisa mengambil benefit dari negara-negara penjual minyak, karena tidak berhubungan secara dekat. "Tapi kalau kita bergaul dengan mereka, kalau ada event kita ikuti, kita diskusi dengan mereka tentang arah pasar, akan makin baik," tutur Sudirman.

Niat Sudirman untuk kembali masuk ke kelompok OPEC akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan RI 1, Joko Widodo. "Saya juga sedang pertimbangkan, dengan izin Presiden, ingin kembali aktif dalam organisasi OPEC," tandas Sudirman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.