Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Forum G-20 Tak Terlalu Bermanfaat bagi Indonesia

Kompas.com - 13/05/2015, 13:27 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengungkapkan bahwa pertemuan negara-negara G-20 terkait sistem keuangan global tak banyak memberikan manfaat bagi industri keuangan di Indonesia.

Bahkan, Muliaman menyebut, beberapa forum internasional itu hanya debat kusir. "Saya menilai tidak banyak kemajuan yang diperoleh di situ. Pertemuan itu hanya debat kusir, cuma (membuat) pegal, hanya debat kusir antar-negara maju saja, misalnya AS dan (negara) Eropa," ujar Muliaman, Rabu (13/5/2015).

Apabila melihat lebih dalam tentang industri keuangan global, sejak krisis ekonomi tahun 2008 lalu, industri keuangan global menurut dia membuat berbagai perubahan. Salah satunya datang dari negara-negara G-20.

"Krisis 2008 itu menimbulkan inisiatif negara di G-20, yaitu soal pengaturan perbankan untuk membuat inisiatif regulasi global," kata dia.

Sayangnya, lanjut Muliaman, inisiatif tersebut hingga saat ini tak membuahkan hasil apa pun. Semua negara yang masuk G-20 tak pernah sepakat terkait industri keuangan global.

Menurut dia, kesepakatan itu belum tercapai karena setiap negara lebih mementingkan kepentingan masing-masing, terutama negara-negara besar.

Oleh karena itu, kata dia, Indonesia tak perlu menunggu dunia bersepakat membuat regulasi keuangan global. Perbaikan mesti dilakukan dengan inisiatif Indonesia sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com