AP II Siap Tempuh Jalur Hukum untuk Bersihkan Bangkai Pesawat di Bandara

Kompas.com - 18/05/2015, 17:49 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II (AP II) menyatakan tak memberikan toleransi bagi pesawat-pesawat yang tak beroperasi alias "bangkai pesawat" yang terparkir di apron bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). AP II siap membawa permasalahan itu ke jalur hukum.

"Tapi pada titik tertentu kita tidak bisa metolerir sehingga langkah-langkah hukum akan kita lakukan dan dalam waktu yang sudah ditentukan pesawat itu harus disingkirkan dari apron bandara (Soetta)," ujar Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/5/2015).

Budi mengatakan bahwa bangkai pesawat yang parkir di apron Bandara Soetta berjumlah 9 pesawat. Total pesawat itu milik dua maskapai yaitu Kartika Airline 1 pesawat dan Batavia Air 8 pesawat.

Khusus untuk Batavia Air yang sudah pailit, AP II mengaku sudah beberapa kali melayangkan surat kepada kurator untuk membersihkan pesawat milik Batavia Air itu. Namun, sayangnya, hingga kini kurator Batavia Air tak menggubris surat itu.

"Kami sudah kirim surat ke kurator tapi sepertinya enggak begitu bergeming ya. Makanya kita akan lebih agresif untuk melakukan legal action agar peswat itu dilakukan pemindahan," kata dia.

"Itu kan ruang fasilitas yang jadinya tidak efektif, padahal kita sangat membutuhkan itu," lanjut Budi.

Seperti diketahui, berdasarkan data Dewan Bandara Internasional (ACI), Bandara Soetta merupakan bandara paling sibuk kesepuluh di dunia dalam hal lalu lintas penumpang pesawat, kata dalam laporannya mengenai lalu lintas penumpang pesawat selama 2013.

Jumlah penumpang dari 2012 ke 2013 meningkat 4,1 persen menjadi 60.137.347 penumpang. Soekarno-Hatta juga menjadi paling sibuk di Asia Tenggara, dan bandara keempat paling sibuk di Asia setelah Beijing, Tokyo dan Dubai.

Saking sibuknya, tak jarang pesawat yang baru mendarat mesti antre hanya untuk mencari tempat parkir di apron bandara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X