Jelang Lebaran, Maskapai dan Bandara Diaudit

Kompas.com - 26/05/2015, 20:49 WIB
Bandara Hadandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Kamis (21/5/2015) KOMPAS.com/YOGA SUKMANABandara Hadandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Kamis (21/5/2015)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pengawasan serta pemantauan terhadap maskapai dan beberapa bandara yang menjadi titik arus operasional Lebaran nanti. Bahkan, Kemenhub mengaku sudah melakukan audit mulai dari perangkat operasional hingga standar operasional keamanan dan keselamatan. "Kita akan pantau 35 bandar udara, 33 bandar udara sudah diaudit. Ini bandara sudah diaudit,serta airlines sudah 9 kita audit," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Dia menjelaskan audit terhadap bandara dan maskapai sangatlah penting untuk memastikan kesiapan saat arus mudik nanti. Diperkirakan, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara pada lebaran ini naik 2,5 persen dibandingkan mudik Lebaran tahun 2014.

Sementara saat ditanya kapan sisa bandara yang hasil diaudit rampung, Suprasetyo menargetkan pada Juni nanti sudah selesai. Lebih lanjut dia menjelaskan, Kemenhub rencananya menyiapkan sekira 450 pesawat saat lebaran nanti. Adapun dengan penerbangan ke luar negeri kapasitas 69.665 kursi per hari, serta penerbangan dalam negeri kapasitas 237.703 kursi per hari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X