Dirut Jasa Marga Bingung PPn Tarif Tol Tak Berlaku untuk Semua Jenis Kendaraan

Kompas.com - 29/05/2015, 02:36 WIB
Ilustrasi tribunnewsIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah menerapkan pajak pertambahan nilai (PPn) tarif tol 10 persen pada Juni 2015 ternyata membuat Jasa Marga bingung. Ini disebabkan aturan itu tak berlaku bagi semua jenis kendaraan.

"Kita berharap kalau mau memberlakukan PPn tarif tol 10 persen itu umum saja. Sekarang Anda bayangkan, jika yang (mobil) lewat 10 tapi yang bayar hanya enam, pertanggungjawaban saya nanti bagaimana," ujar Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman usai rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Dia mengusulkan, daripada pemerintah menerapkan aturan itu hanya untuk kendaraan pribadi, lebih baik tak diterapkan untuk semua jenis kendaraan. Sebab, dalam operasionalnya nanti akan sulit.

Sementara itu, terkait besaran PPn, Adityawarman menyerahkan semuanya kepada pemerintah. Namun, dia juga mengusulkan agar angka PPn 10 persen diturunkan apabila masyarakat merasa angka tersebut terlalu besar untuk saat ini.

"Terserah pemerintah, kalau andaikata 10 persen memberatkan pemakai jalan dibikin dulu lima persen secara bertahap. Nanti dua tahun lagi naik 7 persen, tergantung persiapan pemerintah," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X