Berharap Pelemahan Rupiah Tertahan

Kompas.com - 05/06/2015, 08:40 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah bakal kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Jumat (5/6/2015). Rupiah mencoba bertahan dari pelemahan lebih lanjut dengan dukungan Bank Indonesia di tengah bertahannya penguatan indeks dollar AS secara global.

Kenaikan imbal hasil Bund Jerman terkoreksi setelah Yunani menunda pembayaran utangnya hingga akhir Juni. Penurunan yield Bund Jerman bersamaan dengan pelemahan euro yang sebelumnya telah menguat cukup tajam.

Di Amerika Serikat (AS), pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi negara tersebut oleh IMF melengkapi buruknya rilis PDB triwulan I-2015 negara itu pekan lalu, tetapi gagal untuk mendorong pelemahan indeks dollar AS.

Isu Yunani terlihat lebih kuat mendorong pelemahan euro. Nanti malam, pemerintah AS akan merilis data tingkat pengangguran serta pertambahan tenaga kerja non-pertanian AS yang sejauh ini diperkirakan membaik.

Rupiah kemarin melemah bersama mata uang lain di Asia seiring dengan kenaikan imbal hasil SUN serta pelemahan IHSG. Yield SUN naik tajam mengikuti kenaikan yield Bund Jerman. Data ekonomi terbaru menunjukkan pertumbuhan kredit yang masih lambat di April dan penerimaan pajak yang masih di bawah target hingga Mei. Hal itu sekaligus menjaga sentimen negatif internal.

Hari ini, Bank Indonesia akan mengumumkan angka cadangan devisa per Mei. "Rupiah berpeluang menguat melihat meredanya pelemahan obligasi global," demikian Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini. (BEN)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X