Entaskan Warga Miskin, Perbankan Bali Bedah Rumah

Kompas.com - 08/06/2015, 14:04 WIB
|
EditorErlangga Djumena
DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam upaya mensukseskan program pemerintah daerah, perbankan Bali yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bali melakukan bedah rumah. Bedah rumah warga miskin tersebut dilakukan di Kabupaten Bangli, Bali.

"Kita kan mempunyai iuran antara lain untuk kegiatan seperti aktifitas sosial termasuk bedah rumah. Selayaknya Program pemerintah daerah kita dukunglah. Jangan sampai hanya mencari keuntungan di Bali saja untuk di bawa ke Jakarta (pusat). Angka kemiskinan kan salah satunya diukur dari tempat tinggal, dengan bedah rumah angka kemiskinan di Bali bisa dikurangi," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dewi Setyowati, Denpasar, Bali, Senin (8/6/2015).

Program bedah rumah oleh BMPD oleh 69 anggota perbankan ini diawali dengan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di kantor Bank Indonesia yang dihadiri pihak BMPD, Dinas Sosial Provinsi Bali dan petugas desa yang dijadikan lokasi bedah rumah.

"Kedepan tugas kita tidak hanya menyediakan rumahnya saja. Kalau rumahnya sudah layak, bagaimana mereka bisa melakukan upaya-upaya untuk mencari penghasilan sehingga hidupnya layak seperti contoh yang dibiayai oleh Bank Indonesia yang dulu, dengan membantu membuatkan empang untuk memelihara ikan dan lainnya," tambahnya.

Untuk tahun ini perbankan di Bali yang tergabung dalam BMPD akan membedah rumah sebanyak 7 rumah di Kabupaten Bangli yaitu di Desa Bantuan, Desa Susut, Desa Tembuku dan Desa Kintamani.

Sebelumnya, pihak Bank Indonesia juga telah melakukan bedah rumah sendiri sebanyak tiga rumah. Diharapkan pihak perbankan di Bali bisa tetap berkomitmen dalam membantu program-program yang dijalankan oleh Provinsi Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.