Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Kredit Perbankan akan Membaik Tahun Ini

Kompas.com - 10/06/2015, 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis pertumbuhan kredit industri perbankan pada 2015 akan membaik kendati pada awal tahun pertumbuhannya relatif melambat.

"Kredit masih akan tumbuh. Saya sangat yakin semester kedua akan jauh lebih baik," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon dalam sebuah seminar di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Hingga April 2015, pertumbuhan kredit mencapai 10,3 persen (yoy), melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 11,1 persen (yoy). Pertumbuhan kredit tersebut juga masih relatif jauh dibandingkan arahan OJK yang mengarahkan pertumbuhan kredit secara industri tumbuh 15-17 persen.

Menurut Nelson, saat ini pemerintah tengah bekerja keras dengan berbagai macam upaya kebijakan untuk mengatasi kelesuan ekonomi di Tanah Air. "Semua langkah pemerintah itu positif ya untuk mendorong masuknya investor," ujar Nelson.

Ia menuturkan, kendati sulit mencapai target pertumbuhan kredit 15-17 persen, pihaknya optimistis industri perbankan dapat mencapai pertumbuhan kredit tidak jauh di bawah level tersebut. "Kalau turun (pertumbuhan kredit) ya kira-kira 1-2 persen lah," kata Nelson.

Nelson juga menambahkan sejumlah bank kemungkinan akan mengajukan revisi rencana bisnis bank (RBB) pada Juni ini seiring dengan perlambatan ekonomi yang tengah dihadapi saat ini.

"Kalau revisi saya tunggu akhir Juni. Ada beberapa bank yang mengatakan mereka akan melihat kembali. Tapi jangan sampai ada unsur takutnya (dalam merevisi), tapi yang penting unsur kehati-hatiannya," ujar Nelson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com