Djarot Minta Bulog Diberikan Kewenangan Tentukan Harga

Kompas.com - 10/06/2015, 17:36 WIB
Djarot Kusumayakti KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYODjarot Kusumayakti
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, Bulog berharap agar harga pembelian pemerintah (HPP) tidak terpaut terlalu lebar dengan harga gabah dan beras yang riil di pasar.

"Bulog ingin diberi kewenangan atau persepsi untuk menentukan harga dasar," kata Djarot, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Djarot yang baru dua hari lalu menggantikan Lenny Sugihat, siang ini melangsungkan RDP dengan Komisi IV terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2016.

Djarot dalam kesempatan tersebut membawa serta jajaran direksi diantaranya Iriyanto Hutagaol, Wahyu Suparyono, dan Herman Hidayat.

Djarot mengakui penyerapan Bulog dalam 10 tahun terakhir hanya mampu di kisaran 5,75 persen dari total produksi padi. Bahkan penyerapan hingga Juni 2015 ini baru mencapai 2,59 persen.

"Asumsi ceteris paribus, maka setahun ini penyerapan hanya 5,1 persen dari total produksi yang ada. Ini menjadi tanggungjawab direksi baru, untuk meningkatkan daya serap Bulog," ucap mantan Direktur BRI itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X