Kompas.com - 16/06/2015, 06:01 WIB
EditorErlangga Djumena

Oleh  Rudiyanto
@rudiyanto_zh

Bisnis reksa dana adalah bisnis kepercayaan. Dalam membangun kepercayaan selain layanan yang prima dan penjelasan yang komprehensif, laporan akan bagaimana dana nasabah dikelola juga berperan penting. Laporan yang memuat informasi pengelolaan dana disebut Fund Fact Sheet (FFS).

Sesuai dengan peraturan yang terdapat dalam prospektus, Manajer Investasi wajib menerbitkan FFS setiap bulan dan merupakan hak bagi investor reksa dana untuk memperolehnya. Meski demikian, FFS bukan hak bagi umum sehingga tidak ada kewajiban untuk mempublikasikan laporan tersebut.

Umumnya FFS bisa ditemukan di dalam situs yang dikelola oleh Manajer Investasi dan Agen Penjual. Ada juga Manajer Investasi yang melampirkan cetak FFS yang dikirimkan ke nasabah bersamaan dengan laporan perkembangan saldo setiap bulan.

Namun, seiring dengan jumlah investor yang semakin banyak, biaya cetak dan kirim yang semakin mahal serta perkembangan teknologi informasi, kini banyak yang beralih menggunakan situs dan applikasi pada smartphone.

Nah, apa saja informasi dalam FFS yang patut kita cermati?

Informasi Jumlah Dana Kelolaan dan Unit Penyertaan
Di dalam FFS, kita bisa mendapatkan perkembangan Nilai Aktiva Bersih atau Jumlah Dana Kelolaan dan Unit Penyertaan per akhir bulan.

Informasi jumlah dana kelolaan perlu kita cermati karena ada ketentuan minimum dana kelolaan untuk reksa dana adalah Rp 25 milliar. Apabila suatu reksa dana gagal mencapai minimum ketentuan dana kelolaan tersebut berturut-turut selama 90 hari kerja, maka reksa dana harus dibubarkan.

Selain itu, dana kelolaan bersama dengan Unit Penyertaan juga bisa menjadi salah satu indikator kepercayaan masyarakat terhadap Manajer Investasi. Semakin besar dana kelolaan, berarti semakin besar kepercayaan masyarakat terhadap reksa dana tersebut.

Informasi Harga dan Kinerja Reksa Dana
Harga reksa dana atau biasanya juga disebut NAB per Up beserta kinerjanya per akhir bulan juga bisa diperoleh dalam reksa dana. Informasi harga bisa menjadi patokan sederhana bagi kita untuk mengetahui apakah hasil investasi menguntungkan atau tidak dengan membandingkan dengan harga belinya.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.