AirAsia Berharap Jonan Segera Kembalikan Izin Rute Surabaya-Singapura

Kompas.com - 16/06/2015, 21:21 WIB
EditorErlangga Djumena

PARIS, KOMPAS.com - Masih ingat dengan pencabutan izin rute Surabaya-Singapura milik Indonesia AirAsia terkait kecelakaan QZ8501 di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, beberapa waktu lalu?

Ternyata hingga saat ini,  Kementerian Perhubungan yang merupakan regulator penerbangan Indonesia belum memberikan kembali izin rute tersebut kepada Indonesia AirAsia. Kementerian yang dikomandoi Ignasius Jonan ini beralasan masih menunggu laporan final Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait QZ8501.

"Regulator berjanji akan mengembalikan izin rute tersebut setelah laporannya final dari KNKT. Tapi sampai saat ini belum ada tuh kabarnya lagi," kata Presiden Direktur Indonesia AirAsia, Sunu Widiyatmoko, kepada wartawan, Selasa (16/6/2015).

Menurut Sunu, rute Surabaya-Singapura yang saat ini masih diterbangi Singapore Airlines tersebut memang termasuk rute gemuk yang pernah dioperasikan oleh Indonesia AirAsia. Oleh karena itu, Sunu berharap pemerintah bergerak cepat untuk mengembalikan izin rute tersebut.

"Soalnya banyak penumpang yang nanya, kapan rute Surabaya-Singapura dibuka kembali," ungkapnya.

Seperti diketahui, Kemenhub membekukan izin terbang rute Surabaya-Singapura pada 2 Januari 2015.

Sanksi pembekuan ini tertuang dalam surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No AU 008/1/1DRJU-DAU-2015 per tanggal 2 Januari 2015. Kemenhub akan meninjau kembali sanksi tersebut setelah KNKT menuntaskan hasil investigasi terkait jatuhnya QZ8501.‎ (Sanusi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.