Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Semarang Pastikan Stok Beras Surplus Sampai Bulan Oktober

Kompas.com - 17/06/2015, 11:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Persediaan beras untuk wilayah eks Karesidenan Semarang dipastikan akan terpenuhi hingga bulan Oktober 2015 mendatang. Saat ini, stok yang ada di gudang Bulog Semarang berjumlah 25.000 ton, dari kebutuhan per bulan mencapai 5.000 hingga 6.000 ton.

“Stok beras aman hingga 4-5 bulan ke depan. Cukup untuk Ramadhan, lebaran dan setelah lebaran,” ujar Kepala Sub Drive Bulog Semarang, Sugiyarni, Selasa (16/6/2015).

Sugiyarni menuturkan, beras yang ada di seluruh gudang di eks Karasidenan Semarang cukup untuk memenuhi pasaran. Apalagi, stok beras masih akan bertambah karena masih ada kegiatan penyerapan gabah dari petani dalam masa panen kedua. Sehingga, stok beras yang ada di gudang bisa jauh lebih banyak.

Bulog Semarang mempunyai delapan gudang di enam kabupaten/kota. Enam wilayah di eks Karasidenan Semarang, yakni di Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Semarang.

Dia mengakui, proses penyerapan gabah dari petani masih kurang maksimal, lantaran kendala harga gabah kering. Ada tiga skema penyerapan gabah yang tetap digunakan, yakni melalui Mitra Kerja, Satgas dan Unit Pengelolaan Gabah Beras (OPGB).

UPGB, lanjut Sugiyarni, langsung bekerjasama dengan Kelompok tani. Melalui skema itu, Bulog mampu bergerak langsung menyerap gabah dari petani, tanpa melalui perantara.

“Kami akan akan lakukan upaya apapun agar upaya penyerapan gabah dalam masa tanam kedua ini bisa maksimal,” ujarnya.

Dengan melimpahnya stok beras tersebut, ia berharap kenaikan harga beras di bulan Ramadhan maupun lebaran bisa ditekan. Ia mengakui jika saat seperti ini potensi kenaikan beras mulai terjadi. Namun, ia meyakini jika stok beras melimpah, permainan harga bisa dicegah. Selain beras, Bulog tengah menyiapkan penugasan dari pemerintah terutama soal ketersediaan gula, minyak goreng. Untuk Gula, minyak goreng, dan bahan penugasan lainnya, Bulog menyatakan sudah siap. Bahkan, untuk penugasan minyak goreng sudah disiapkan dalam unit bisnis Bulog Mart, “Minyak sudah kami dijualbelikan untuk umum, harganya agak di bawah standar,” tambahnya. Sementara untuk distribusi beras untuk rumah tangga miskin (raskin), sebagian sudah berjalan di empat kabupaten/kota. Beras sudah didistribusikan ke masyarakat rumah tangga sasaran (RTS). RTS sendiri di wilayah Drive Semarang mencapai 5.589.675, di masing-masing RTS mendapat 15 kilogram beras. (K93-14)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com