Jokowi Kecewa "Dwelling Time" di Tanjung Priok Masih 5,5 Hari

Kompas.com - 17/06/2015, 12:21 WIB
Presiden Joko Widodo di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2015). KOMPAS.com/Sabrina AsrilPresiden Joko Widodo di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2015).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memantau alur proses keluarnya barang dari pelabuhan hingga masa tunggu untuk keluar di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (17/6/2015) siang ini.

Jokowi mengaku pelayanan yang dilakukan pelabuhan harus ditingkatkan untuk mempercepat masa tunggu di pelabuhan atau dwelling time itu.

Pantauan Kompas.com, Jokowi tampak didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo dan Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki. Selain itu, ada pula Direktur Utama Pelindo RJ Lino. Jokowi mulanya memantau Kantor Pelayanan Terpadu Pelabuhan Tanjung Priok.

Di kantor itu, Jokowi memantau dwelling time di pelabuhan Tanjung Priok yang akan menjadi percontohan bagi pelabuhan-pelabuhan lainnya. Setelah itu dia memasuki Kapal Tidar yang mengangkut penumpang tujuan Jakarta - Surabaya - Denpasar - Makassar - Baubau- Ambon- Banda - Tual - Dobo - Kaimana - Fakfak. Di sana, Jokowi bercakap dengan para penumpang dan memantau fasilitas dan kenyamanan kapal.

Selanjutnya, Jokowi mengunjungi planning and control room Pelabuhan Tanjung Priok. Di ruangan itu, para petugas merencanakan proses saat barang tiba di kapal, hingga proses perizinan dan mengontrol koneksi antar pelabuhan.

Jokowi pun memaparkan rencana tol laut yang akan dibuat pemerintah dengan mengintegrasikan lima pelabuhan yang ada. Jokowi mengaku kecewa lantaran petugas pelabuhan masih lambat karena dwelling time masih 5,5 hari. Target pemerintah yaitu 4,7 hari.

Dia pun menggelar rapat mendadak bersama jajaran Pelindo II, Menteri, dan juga otoritas pelabuhan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X