Pertumbuhan Investasi Asing Langsung ke China Melambat Jadi 7,8 Persen

Kompas.com - 18/06/2015, 14:31 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - China mencatatkan pertumbuhan investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) mengalami perlambatan menjadi 7,8 persen (YoY) per Mei 2015 dari bulan sebelumnya 10,5 persen (YoY) pada April.

Sementara itu, investasi dari negara Tirai Bambu itu ke luar negeri justru mengalami kenaikan hampir 50 persen dalam 5 bulan pertama tahun ini.

Investasi asing langsung per Mei ke negara tersebut mencapai 9,33 miliar. "Investasi yang berasal dari wilayah dan sejumlah negara secara umum stabil," jelas Kementerian Perdagangan China sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (18/6/2015).

Sebaliknya, investasi yang berasal dari China ke negara lain melonjak hingga 47,4 persen senilai 45,41 miliar dollar AS sepanjang Januari-Mei.

Sepanjang tahun lalu, China berhasil menarik investasi asing langsung sebesar 119,6 miliar dollar AS atau naik 1,7 persen, sedangkan investasi dari China ke negara lainnya tumbuh 14,1 persen dengan nilai mencapai 102,9 miliar. 

Investasi yang keluar itu melampaui nilai 100 miliar dollar AS untuk pertama kalinya, saat perusahaan-perusahaan asal China mencari lokasi lain di luar negeri lantaran perekonomian negara tersebut melambat.

Perekonomian China, yang merupakan kedua terbesar di dunia, tumbuh sebesar 7,4 persen sepanjang tahun lalu, atau menjadi periode yang paling rendah sejak 1990. Adapun pada kuartal I tahun ini, pertumbuhan ekonomi China kembali melambat di level 7,0 persen dan terburuk dalam 6 tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.