Pemerintah Uni Eropa "Mengganggu", Airbus Ancam Tak Lanjutkan Proyek Drone Militer

Kompas.com - 19/06/2015, 10:57 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

PARIS, KOMPAS.com - Airbus mengancam akan menarik diri dari proyek pengembangan pesawat militer pengintai tanpa awak yang digagas Uni Eropa. Ancaman dikeluarkan karena pemerintah Uni Eropa kerap "mengganggu" proses pengembangan itu.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (19/6/2015), Airbus menyatakan pemerintah Uni Eropa kerap melakukan intervensi pada perusahaan. "Kami tidak akan canggung untuk mengundurkan diri dari proyek ini sepanjang kami mendapatkan gangguan," ujar pejabat tersebut.

"Permintaan kami seharusnya direspon secara cerdas dan tidak dipolitisasi berdasarkan perbedaan negara," lanjut pejabat itu.

Uni Eropa mengembangkan proyek drone militer yang diharapkan bisa rampung pada 2025. Kesepakatan dicapai pada bulan lalu, dan Jerman, Perancis dan Italia telah menyatakan siap untuk memulai kerja teknis.

Pengembangan drone militer diharapkan bisa mengurangi ketergantungan Uni Eropa terhadap Israel dan Amerika Serikat dalam pengembangan peralatan pertahanan tersebut.

Salah satu perusahaan yang terafiliasi Airbus Group, Dassault Aviation dan Alenia Aermacchi, pada tahun lalu telah memasukkan rencana untuk mengembangkan pesawat tanpa pilot pada 2025.

Nilai proyek pengembangan itu mencapai 1,2 miliar dollar AS dan untuk pengembangan prototype telah mendapatkan dana sebesar 60 juta euro yang diberikan oleh Italia, Jerman dan Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.