Harga Tomat di Bireun Naik Dua Kali Lipat Karena Pasokan Minim

Kompas.com - 20/06/2015, 08:37 WIB
Sepekan terakhir harga tomat di Bireun Aceh mencapai Rp15.000 per kilogram. Kompas.com/Desi Safnita SaifanSepekan terakhir harga tomat di Bireun Aceh mencapai Rp15.000 per kilogram.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BIREUEN, KOMPAS.com - Harga tomat Medan melambung di pasar Kota Bireuen, Aceh, selama sepekan terakhir. Harga per kilogram tomat saat ini berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 15.000.

Padahal sebelum ramadhan, harga tomat masih berkisar Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram. Amir, seorang pedagang sayur di Komplek Pasar pagi Bireuen, mengatakan naiknya harga tomat dipengaruhi dari minimnya pasokan tomat Medan yang mayoritas dikirim dari Brastagi.

”Kata agen karena Sinabung kembali aktif jadi petani tak bisa panen,” katanya. Namun dia tak mampu berspekulasi kapan pasokan lancar dan harga tomat kembali turun. Kendati pasokan tomat Aceh tersedia, namun kurang diminati warga sehingga banyak yang membusuk.

"Saya sempat menjualnya kemarin tapi karena cepat busuk jadi tak laku,” tambah Amir.

Sementara itu, para pembeli mengeluhkan melambungnya harga tomat saat ini. Di mana kebutuhan dapur menjadi prioritas selama ramadhan untuk sahur dan berbuka puasa.

"Hampir rata-rata yang dimasak pakai tomat. Jadi kesulitan sekali dengan naiknya harga tomat dua kali lipat begini," sahut Ria, seorang ibu rumah tangga.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X