Dirjen Bina Marga: "Rate" Kecelakaan di Tol Cipali dan Purbaleunyi Hampir Sama

Kompas.com - 22/06/2015, 18:19 WIB
Tempat Istirahat di Ruas Tol Cikopo-Palimanan. HBA/Kompas.comTempat Istirahat di Ruas Tol Cikopo-Palimanan.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W. Husaini mengungkapkan, rata-rata tingkat kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan Tol Purwakarta, Bandung, Cileunyi (Purbaleunyi) hampir sama yaitu 0,8 kecelakaan per hari.

"Perbandingan kecelakaannya (di Tol Purbaleunyi) selama Januari-Mei 2015 itu terjadi 122 kecelakaannya. Dihitung-hitung kira-kira 0,8 kecelakaan per hari. Jadi kalau kita bandingkan dengan jalan baru ini (Tol Cipali) ya kira-kira hampir sama, kalau rate kecelakaannya dengan jalan tol yang lama sama saja," ujar Hediyanto di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, meski operasional Tol Cipali baru beroperasi seminggu namun rate kecelakaannya sama dengan tol lain. Dengan fakta itu kata dia, tak ada sesuatu hal yang buruk di Tol Cipali.

"Jadi ini tidak ada yang buruk, tapi karena ini jalan baru maka isu kecelakaannya lebih penting (disorot) dari pada (kecelakaan) jalan lama," kata dia.

Pada kesempatan itu, Hediyanto juga membantah bahwa kecelakaan di Tol Cipali diakibatkan belum selesainya rest area dan kurangnya penerangan di sepanjang ruas tol terpanjang di Indonesia itu.

"Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) 2 minggu sebelum Lebaran (jadi). Kalau (masalah) lampu itu hanya dipasang di daerah intersection tidak di semua ruas jalan tol. Lampu jalan tol itu hanya dipasang di daerah perkotaan dan intersection, tidak di semua jalan," ucap dia.

baca juga: PT KAI Khawatir Penumpang Kereta Terimbas Tol Cipali

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X