Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Resepsi Pernikahan Putra Jokowi Contoh Baik Pencegahan Gratifikasi

Kompas.com - 24/06/2015, 10:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyebut resepsi pernikahan putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda merupakan contoh baik pencegahan gratifikasi oleh pejabat negara.

"Dalam resepsi putranya, Pak Jokowi secara terbuka, beliau menyampaikan kepada tamu undangan untuk tidak memberikan hadiah dalam acara resepsi pernikahan putranya tersebut. Ini merupakan contoh baik dalam pencegahan gratifikasi yang dilakukan oleh pejabat negara," kata Bambang, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Bambang menjelaskan, pencegahan gratifikasi membutuhkan partisipasi aktif dari semua masyarakat. Sebab, gratifikasi yang memicu perilaku koruptif ini tidak hanya melibatkan si penerima atau yang meminta pemberian, melainkan si pemberi.

Ironisnya, masyarakat umumnya belum mengerti pemberian gratifikasi ini bisa memicu tindak koruptif. Terbukti, dari laporan survei Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2011, sebanyak 31 persen masyarakat Indonesia belum memahami bahwa gratifikasi adalah kejahatan korupsi.

Atas dasar itu, Bambang menegaskan, pengendalian gratifikasi perlu diupayakan oleh semua pihak. Di lingungan Kementerian Keuangan telah diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83 tahun 2015 tentang pengendalian gratifikasi.

"Setiap pegawai di lingkungan Kemenkeu wajib melaporkan setiap pemberian yang diduga gratifikasi. Kami juga menyiapkan sistem untuk memudahkan pelaporan gratifikasi," ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com