Menkeu: Resepsi Pernikahan Putra Jokowi Contoh Baik Pencegahan Gratifikasi

Kompas.com - 24/06/2015, 10:13 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyebut resepsi pernikahan putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda merupakan contoh baik pencegahan gratifikasi oleh pejabat negara.

"Dalam resepsi putranya, Pak Jokowi secara terbuka, beliau menyampaikan kepada tamu undangan untuk tidak memberikan hadiah dalam acara resepsi pernikahan putranya tersebut. Ini merupakan contoh baik dalam pencegahan gratifikasi yang dilakukan oleh pejabat negara," kata Bambang, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Bambang menjelaskan, pencegahan gratifikasi membutuhkan partisipasi aktif dari semua masyarakat. Sebab, gratifikasi yang memicu perilaku koruptif ini tidak hanya melibatkan si penerima atau yang meminta pemberian, melainkan si pemberi.

Ironisnya, masyarakat umumnya belum mengerti pemberian gratifikasi ini bisa memicu tindak koruptif. Terbukti, dari laporan survei Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2011, sebanyak 31 persen masyarakat Indonesia belum memahami bahwa gratifikasi adalah kejahatan korupsi.

Atas dasar itu, Bambang menegaskan, pengendalian gratifikasi perlu diupayakan oleh semua pihak. Di lingungan Kementerian Keuangan telah diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83 tahun 2015 tentang pengendalian gratifikasi.

"Setiap pegawai di lingkungan Kemenkeu wajib melaporkan setiap pemberian yang diduga gratifikasi. Kami juga menyiapkan sistem untuk memudahkan pelaporan gratifikasi," ucap Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.