Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Pertamina: Total Belum Sepakat soal Mahakam

Kompas.com - 01/07/2015, 12:44 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Operator eksisting Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Total E&P Indonesie hingga kini belum sepakat mengenai pembagian saham (share down) antara pemerintah Indonesia dan operator eksisting.

“Sekarang Total belum sepakat. Tapi saya kira dalam waktu dekat akan ada pertemuan-pertemuan,” ucap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Dwi menjelaskan, berdasarkan surat dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Pertamina menjadi operator dengan share 100 persen setelah kontrak berakhir.

Kemudian, Pertamina diperbolehkan menggandeng mitra untuk share down. “Jadi dengan Total, Inpex, dan BUMD. Oleh karena itu tetap akan ada hitung-hitungannya. Tapi akan kita bicarakan dengan Pemda untuk porsi BUMD,” sambung Dwi.

Sementara itu, mengenai pembagian saham antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur melalui BUMD, Dwi menuturkan Pemda tetap memiliki kewajiban seperti pihak lain dalam kepemilikan sahamnya.

“Kalau Pemda enggak mampu, bisa kita carry, karena begitu arahan dari pemerintah agar manfaat porsinya Pemda betul-betul riil untuk Pemda,” kata mantan bos Semen Indonesia itu.

Dwi menjelaskan, jika Pemda keberatan dalam pemenuhan kewajibannya, maka Pertamina akan memberikan talangan terlebih dahulu.  Artinya, lanjut dia, segala kewajiban Pemda akan dipikul oleh Pertamina dahulu, baru kemudian Pemda membayar kepada Pertamina ketika bagi hasil mulai diperhitungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com