Kompas.com - 03/07/2015, 11:11 WIB
|
EditorErlangga Djumena

BIREUEN, KOMPAS.com – Selama dua pekan terakhir ini aktivitas di Pegadaian Syariah Bireuen, mengalami peningkatan. Masyarakat banyak yang menggadaikan perhiasan emasnya dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Bireuen, Desvialdy SE, Kamis (2/7/2015) mengatakan, hampir mencapai 90 persen nasabah menggadaikan perhiasan emas, selebihnya barang elektronik dan sepeda motor.

“Kendati kita belum mengantongi data angka pasti namun nasabah meningkat sejak pertama Ramadhan untuk menggadaikan barang khususnya emas,” kata Desvialdy.

Sementara nasabah yang menggadaikan sepeda motor dan barang elektronik, seperti notebook atau laptop, masih minim. “Rata-rata pengeluaran atau modal yang kami keluarga untuk nasabah tersebut berkisar Rp 500.000 hingga 5 juta per nasabah,” jelasnya.

Menurut dia, banyaknya warga yang menggadaikan emas dan barang lainnya, untuk memenuhi kebutuhan belanja untuk persiapan Lebaran.

Namun, sebut dia, ada juga warga yang menebus emasnya menjelang hari raya. Nasabah yang menebus perhiasan di Pegadaian itu rata-rata para pegawai negeri sipil. “Mereka menebus mungkin karena sudah gajian atau mendapat tunjangan hari raya (THR), tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan nasabah yang menggadaikan perhiasannya,” ucapanya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.