Penukaran Uang Pecahan Kecil di Lampung Mencapai Rp 1,2 Triliun

Kompas.com - 04/07/2015, 17:55 WIB
Mobil penukaran uang BI KOMPAS.com/Muzzammil D MassaMobil penukaran uang BI
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Lampung menyebutkan sampai pertengahan puasa sudah melakukan penukaran uang sebesar Rp 1,2 triliun.

Deputi Kepala BI Perwakilan Lampung Nunu Hendrawanto pada Jumat (3/7/2015) mengatakan penukaran uang dilakukan di kantor BI sendiri kemudian bekerjasama dengan sejumlah bank lainnya serta mengerahkan mobil kas keliling.

"Untuk di kantor BI sendiri kami melayani setiap Senin sampai Kamis dan tercatat dari awal puasa hampir 150 sampai 200 masyarakat yang mendatangi BI untuk melakukan penukaran uang," kata dia.

Mobil kas sejak awal puasa berkeliling seluruh daerah di Lampung untuk menjangkau masyarakat. "Kami menargetkan ada sekitar Rp3,2 sampai Rp3,6 triliun penukaran uang di tahun 2015 ini. Atau ada kenaikan sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya," ujar dia.

Mobil kas saat ini mulai berkoperasi di sekitar Bandarlampung sampai tanggal 9 Juli mendatang. "Kami sudah memfasilitasi sedemikian rupa agar masyarakat dapat menukarkan uang baru dengan pecahan dari Rp 20 ribu ke bawah," kata Nunu.

Pihaknya mengimbau pada masyarakat tidak perlu melakukan penukaran lewat pedagang yang menjajakan uang baru di pinggiran jalan. "Sebaiknya datang saja langsung ke BI atau ke bank-bank terdekat, kami jamin uang yang Anda tukar tidak akan berkurang sepeser pun dan kami menjamin keasliannya," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X