Kebakaran, AP II Diminta Berani Putus Kontrak Penyewa Ruangan Komersial di Bandara Soetta

Kompas.com - 06/07/2015, 10:20 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah menginstruksikan Angkasa Pura II (AP II) dan Direktorat Bandara Kementerian Perhubungan untuk melakukan audit terhadap semua penyewa ruang komersial di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid menuturkan Menhub meminta AP II tak segan memutus kontrak penyewa ruangan komersial yang tak memenuhi standard keselamatan dan keamanan di bandara.

"Jika ada penyewa ruang komersial tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan, pihak bandara diminta untuk tidak segan-segan memutuskan kontrak," kata Hadi, Jakarta, Senin (6/7/2014).

Menurut Hadi, permintaan tersebut disampaikan Jonan saat mengumpulkan jajaran Otoritas Bandara Wilayah I Direksi AP II, dan Direksi Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) di Kantor Otban Soekarno-Hatta pada Minggu siang.

Dalam pertemuan itu, Menhub memberikan instruksi agar penanganan penumpang diutamakan, dan dipastikan dampak kebakaran yang terjadi tidak berkepanjangan. Jonan menargetkan, hari ini semua layanan harus kembali berjalan normal, termasuk sistem IT di Imigrasi, layanan penumpang, dan sistem check in.

Sebelumnya, Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalamai kebakaran pada minggu pagi. Akibatnya, sejumlah penerbangan rute internasional mengalami penundaan keberangkatan atau delayed.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.