Bos Freeport Sebut Ada Kemungkinan Regulasi Diubah

Kompas.com - 06/07/2015, 14:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin menyebutkan bahwa parlemen bersama pemerintah masih mencari solusi agar ada kepastian kelanjutan operasi Freeport di tanah Papua.

"Mungkin akan dibahas mengenai PP (Peraturan Pemerintah) perpanjangan (kontrak)," kata Maroef ditemui di gedung parlemen, Senayan, Senin (6/7/2015).

Maroef mengatakan, kesepakatan dalam rapat yang berlangsung secara tertutup itu mengingat arahan dari Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dengan CEO Freeport McMoRan, Jim Moffet, bahwa pemerintah memiliki semangat untuk menjamin investasi Freeport tetapi tidak menabrak aturan hukum yang ada.

"Ini tadi dirumuskan dan akan dibawa ke pemerintah (nanti sore dengan Dirjen Minerba)," sambung dia.

Freeport menyatakan tetap akan mematuhi seluruh peraturan pemerintah. Sebagai informasi dalam PP 77 tahun 2014 disebutkan bahwa perpanjangan kontrak baru bisa dilakukan dua tahun sebelum masa kontrak berakhir.

Kontrak Freeport akan berakhir pada 2021 yang artinya perpanjangan kontrak baru bisa diberikan 2019. Namun pemerintah berdalih, lantaran investasi yang dikeluarkan Freeport sangat besar, maka perusahaan tambang tersebut layak mendapat kepastian lebih cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.