Kompas.com - 09/07/2015, 10:54 WIB
EditorLatief
CIBITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan jalur distribusi pangan aman dan lancar di momen mudik lebaran 2015. Hal tersebut dikatakan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama jajaran anggota DPR RI Komisi IV dalam kegiatan peninjauan harga di Pasar Induk Cibitung, Bekasi, Rabu (8/7/2015).

"Kita sudah telepon Menteri Perhubungan, khusus untuk distribusi pangan tidak boleh ada antre ataupun penyumbatan," kata Mentan di sela kegiatan.

Mentan juga telah memastikan harga pangan strategis aman jelang tujuh hari lebaran. Harga pangan di pasar, kata dia, sehat dan terkendali. Dia menilai, hal tersebut berkat upaya yang dilakukannya berkoordinasi dengan petani, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, DPR dan lembaga terkait lainnya dalam mengendalikan harga. Salah satunya dengan menjaga rantai pasok pangan dan melakukan operasi pasar.

Pada peninjauan tersebut Mentan melakukan pengecekan harga ke sejumlah kios. Hasilnya, diperoleh informasi harga bawang merah Rp 13 ribu per kg. Selain itu, cabai rawit hijau Rp 32 ribu, cabai merah Rp 22 ribu dan jengkol Rp 21 ribu. Mentan menargetkan harga bawang merah bisa turun hingga Rp 10 ribu.

Mendampingi Mentan, Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Pra owo mengingatkan agar harga jangan sampai terlalu jatuh. Karena bisa berdampak kerugian pada petani.

"Saat ini harganya sudah bagus, semoga tetap stabil hingga lebaran dan selanjutnya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.