Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sebut Beban Ekonomi Saat Ini Ringan ketimbang Krisis 1998

Kompas.com - 09/07/2015, 17:44 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengakui tantangan perekonomian Indonesia saat ini tak ringan. Namun menurutnya, jika dibandingkan dengan kondisi ekonomi saat krisis 1998 silam, beban ekonomi saat ini jauh lebih ringan.

“Kita semua harus realisis, kami sadar tantangan ke depan tidak ringan. Inilah tangung jawab kami, tanggung jawab pemerintah. Tak ada yang instan, semua butuh proses. Saat ini bebannya masih ringan daripada krisis moneter 1998,” ujar Presiden dalam acara ISEI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Dia sedikit bercerita pengalamannya saat krisis 1998. Saat itu, menurut Jokowi, para pengamat internasional mempertanyakan apakah Indonesia akan mempu bertahan atau tidak pasca krisis. Namun lanjut dia, setelah 17 tahun, Indonesia menunjukan bahwa perekonomiannya mampu bangkit.

“Kemudian perekonomian kita bisa bertumbuh 4 kai lipat. Kita bisa menjadi anggota negara G20. Kita menjadi negara demokrasi yang harus kita banggakan,” kata dia.

Dengan bukti kebangkitan ekonomi pasca-krisis 1998 itu, Presiden meyakini bahwa Indonesia mampu menjawab tantangan ekonomi ke depan.

“Saya sekaligus meyakini bahwa tantangan yang kita hadapi sekarang insaallah kita bisa hadapi bersama secara bahu membahu, bekerjasama ,dan berkontrsibusi pada ekonomi Indonesia bersama-sama,” lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com