Kompas.com - 09/07/2015, 21:14 WIB
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap Bank Indonesia tidak perlu terus menerus melakukan intervensi untuk menstabilkan kurs rupiah. Bagi Jokowi, melemahnya kurs rupiah lebih baik dimanfaatkan untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya. "Soal kurs, kalau intervensi terus, bisa menghabiskan uang gubernur BI. Maka kalau saya, dengan investasi, dorong uang agar bisa masuk. Nggak ada yang lain," ujar Jokowi saat berdialog dengan para pelaku ekonomi di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (9/7/2015).

Menurut dia, apabila intervensi dilakukan, hal itu tidak selalu berpengaruh menstabilkan nilai tukar. "Beberapa negara sudah hilang ratusan triliun tapi kursnya nggak bergerak," imbuh Jokowi

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggap saat ini yang dibutuhkan untuk perekonomian Indonesia adalah persepsi yang positif. Jokowi pun menyindir pengusaha kerap membuat gaduh akan isu kecil yang kemudian dibesarkan. Namun, dampaknya justru tidak mendukung iklim investasi di dalam negeri. "Untuk bangun itu, jangan ada hal kecil saja tapi diurus saja. Saya baca sosmed, kayak kemarin urusan biaya materai, tapi digoreng nggak karuan. Negatif atau positif yang bangun bapak ibu semua," ujar dia.

Apabila optimisme tumbuh, lanjut Jokowi, semua pihak akan diuntungkan. "Sekali lagi, ini hanya soal persepsi. Kalau optimisme tumbuh, semua akan bergerak," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.