Rugikan Nasabah, OJK Cabut Izin Broker Ini

Kompas.com - 10/07/2015, 10:20 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) cabut izin pegawai salah satu broker yang memiliki cabang di Medan, Sumatera Utara. Pencabutan dilakukan lantaran wakil perantara pedagang efek (WPE) ini merugikan nasabah.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK Sarjito mengatakan, pihaknya telah mencabut izin perseorangan sebagai WPE atas Joko Hardianto. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan OJK atas pelanggaran yang dilakukan Joko.

Khususnya, ketentuan angka 6 huruf b Peraturan V.E.1 Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: Kep-29/PM/1996 17 Januari 1996. Ketentuan ini mengatur tentang perilaku perusahaan efek yang melakukan kegiatan sebagai perantara pedagang efek.

Joko terbukti melakukan transaksi atas rekening efek milik nasabah tanpa perintah atau tidak sesuai dengan perintah dan tanpa kuasa dari nasabah sehingga merugikan.

"Dengan ditetapkannya keputusan tersebut, Joko Hardianto dilarang melakukan kegiatan sebagai WPE," ujar Sarjito dalam pernyataan resmi.

OJK mengeluarkan keputusan pencabutan izin tersebut pada 20 April 2015. Sayang, ia tidak menyebut perusahaan efek tempat Joko bekerja. Ia hanya menyebut, alamat terakhir Joko ada di Jl. Pukat V No. 4B, Bantan Timur, Medan Tembung. (Amailia Putri Hasniawati)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X