IHSG Hari Ini Dibayangi Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 27/07/2015, 08:33 WIB
Pengunjung melintas di dekat monitor yang menunjukkan perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG) KOMPAS/PRIYOMBODOPengunjung melintas di dekat monitor yang menunjukkan perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG)
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -Aktivitas pasar saham hari ini, Senin (27/7/2015) diperkirakan kembali normal usai libur Lebaran. Sayang, anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) berpeluang mengganjal dan menekan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).   

Jumat (24/7/2015) pasangan USD/IDR di pasar spot anjlok 0,20 persen ke posisi 13.447. Ini adalah level terendah rupiah sejak 17 tahun terakhir. Pada penutupan bursa hari yang sama, IHSG turun 0,94 persen menjadi 4.856,59.

Analis First Asia Capital David Nathanael Sutyanto menilai, sentimen negatif pelemahan rupiah akan menghantui Bursa Efek Indonesia (BEI), di saat minim sentimen. Walhasil, tekanan jual akan membesar jika rupiah anjlok. "Rupiah menjadi fokus utama pasar," ujar David, akhir pekan lalu. 

Achmad Yaki Yamani, Analis Sucorinvest Central Gani, menilai, anjloknya rupiah bisa jadi cerminan laporan keuangan emiten semester I-2015. Laporan keuangan emiten yang akan dirilis kurang memuaskan, apalagi emiten yang pembukuannya menggunakan dollar AS.

Yaki memprediksikan, hari ini IHSG  cenderung tertekan dan bergerak dalam rentang 4.855-4.950. Proyeksi David, IHSG bergerak dalam rentang 4.800-4.890 dan cenderung turun. (Widiyanto Purnomo)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X