Tak Semua Orang Bisa Menjadi Eksportir Sukses, Tapi Ada Kuncinya!

Kompas.com - 30/07/2015, 11:17 WIB
Eksportir perlu menyiapkan langkah dan strategi. Mereka diharapkan tidak hanya terfokus pada keuntungan semata, tetapi juga maintenance bisnis yang sedang dijalankannya. ShutterstockEksportir perlu menyiapkan langkah dan strategi. Mereka diharapkan tidak hanya terfokus pada keuntungan semata, tetapi juga maintenance bisnis yang sedang dijalankannya.
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Kegiatan ekspor- impor sangat berpengaruh pada sistem perekonomian dunia dan ini merupakan lahan ranum bagi banyak pebisnis dimana salah satunya adalah para eksportir.

Produk asal Indonesia kian beragam dan memiliki daya saing sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan. Tetapi, saat memutuskan menjadi eksportir bukan berarti langkah bisnis selalu mudah. Produk yang dipasarkan ke luar negeri harus siap bersaing dengan produk dari berbagai negara dengan kualitas tinggi.

Eksportir perlu menyiapkan langkah dan strategi. Mereka diharapkan tidak hanya terfokus pada keuntungan semata, tetapi juga maintenance bisnis yang sedang dijalankannya.

Sebagai eksportir, kunci sukses yang perlu diketahui dalam menjalankan bisnis adalah sebagai berikut: 

Komitmen

Eksportir sukses adalah mereka yang memiliki komitmen tinggi. Komitmen diperlukan untuk menjaga semangat berusaha dan berupaya melebarkan sayap usaha yang sedang dijalankan menjadi lebih besar lagi. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan usaha agar terus berjalan serta keputusan bisnis yang akan diambil.

Selain itu, komitmen juga dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk, dengan terus berinovasi sehingga menghasilkan nilai tambah bagi sebuah produk yang bernilai tinggi.

Profesional

Perdagangan ekspor menghubungan Anda dengan banyak orang atau perusahaan dari mancanegara sehingga Anda harus profesional agar pandai menempatkan prioritas.

Shutterstock Perdagangan ekspor menghubungan Anda dengan banyak orang atau perusahaan dari mancanegara sehingga Anda harus profesional agar pandai menempatkan prioritas.

Dukungan

Saat menyasar bisnis internasional, selain memerlukan jaringan dan konseksi, seorang eksportir juga memerlukan dukungan dari sisi finansial untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu jalannya adalah memanfaatkan dukungan dari perbankan. Melalui perbankan, eksportir dapat memperoleh bantuan berupa fasilitas post shipment atau pre shipment financing.

Salah satu bank yang menyediakan fasilitas seperti ini adalah PT Bank Central Asia Tbk. Dilansir dari Kontan, BCA menjadi salah satu dari deret bank dengan aset terbesar. Untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan nasabah, bank ini telah menyediakan Trade BCA, layanan dengan beragam produk transaksi perdagangan baik dalam maupun luar negeri.

Shutterstock Dalam bisnis internasional, keterlibatan perbankan bukanlah hal tabu. Perbankan dapat memfasilitasi transaksi perdagangan internasional.

Selain didukung lebih dari 2000 jaringan bank koresponden di seluruh dunia, layanan ini juga menyediakan pilihan bertransaksi dalam 14 mata uang asing. Pengusaha juga akan lebih mudah saat melakukan kegiatan ekspor dan impor dengan penanganan langsung oleh para profesional yang handal di bidangnya.

Bank dengan layanan seperti ini dapat menjadi pilihan mitra kerja strategis bagi pengusaha maupun pemerintah dalam menghadapi tantangan krisis finansial global saat ini.

Menjaga hubungan  

Terakhir, eksportir sukses biasanya memiliki hubungan baik antar mitra usaha, seperti pembeli (buyer), penjual (seller), supplier hingga mitra perbankan. Dengan menjaga hubungan baik, Anda akan mendapatkan mitra usaha yang loyal.

Baca juga: Rupiah Melemah, Indonesia Bisa Merajai Ekspor!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X