Hitachi Lirik Kukar untuk Dijadikan "Smart City"

Kompas.com - 30/07/2015, 14:14 WIB
Saat ini, kota di luar Jawa yang hampir siap menjadi smart city adalah Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Sementara itu, kota-kota lainnya masih dalam proses penjajakan. Google Saat ini, kota di luar Jawa yang hampir siap menjadi smart city adalah Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Sementara itu, kota-kota lainnya masih dalam proses penjajakan.
|
EditorErlangga Djumena

TENGGARONG, KOMPAS.com - Perusahaan raksasa Jepang Hitachi melirik Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur,untuk dikembangkan menjadi kawasan smart city. Rencananya perusahaan ini akan berinvestasi dan membangun sejumlah fasilitas umum yang di klaim sangat ramah lingkungan. Seperti kendaraan mobil listrik, pengunaan listrik mengunakan panel tenaga surya, dan membangun pusat perbelanjaan yang megah.

"Selain itu, nanti  dalam master plan, juga akan membangun sebuah rumah sakit yang khusus menangani penyakit kanker. Dengan metode penyembuhan mengunakan sinar laser," kata News Costomer Develoment Busniess Development Dept PT Hitachi Asia Indonesia Obed Irawanto, Kamis (30/7/2015).

Menurut dia, metode pengobatan tersebut akan menjadi satu-satunya di Indonesia.  "Ini merupakan rumah sakit satu-satunya di Indonesia yang mengunakan metode pengobatan cangih dan ini hanya diterapkan oleh lima rumah sakit di dunia," katanya.

Namun, sebut dia,  pembangunan kawasan smart city ini memerlukan dukungan berbagai pihak.  "Investasinya bisa berasal dari Universitas Teknologi, perusahaan properti, dan sebagainya," ucapnya.

Ia mengatakan, pembangunan kawasan smart city memerlukan waktu yang tidak sebentar. Ia mencontohkan di Jepang untuk membangun smart city memerlukan waktu hingga 8 tahun. "Setiap daerah itu berbeda ada yang bisa sampai 15 tahun, itu tergantung dari masuknya investasi dari beberapa pihak," katanya.

Perusahaan Hitachi ini juga mengandeng PT Ichom sebagai tim perancang. Rencananya pembangunan area smart city akan dibangun di beberapa titik lokasi di Tenggarong Seberang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X