SP JICT Sebut Pernyataan Lino Mempermalukan Diri Sendiri

Kompas.com - 07/08/2015, 13:52 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com
- Serikat Pekerja (SP) Jakarta International Container Terminal (JICT) menyanggah pernyataan Direktur Utama Pelindo II R.J Lino, yang menyebut para pekerja melakukan sabotase pelabuhan Tanjung Priok beberapa hari lalu. Menurut pekerja JICT, pernyataan Lino tersebut justru mempermalukan diri sendiri.

"Berhenti bertindak dengan sewenang-wenang, intimidatif serta menyebarkan pernyataan-pernyataan kosong yang akan sekadar mempermalukan diri sendiri dan Pelindo," ujar Ketua SP JICT Nova Sofyan kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Dia menjelaskan, aksi pekerja melakukan mogok kerja bukanlah aksi sabotase pelabuhan. Menurut Nova, aksi mogok kerja itu merupakan aksi solidaritas para pekerja di JICT sebagai respons atas pemecatan secara sewenang-wenang dua anggota SP malam sebelumnya.

"Pemecatan itu dilakukan tanpa alasan dan tanpa melalui prosedur peraturan perundangan yang benar," kata dia.

Sementara terkait tudingan Lino yang menyebut para pekerja tak nasionalis, SP JICT balik menuding. Menurut Nova, justru Lino yang tidak nasionalis karena menjual aset negara yaitu JICT kepada perusahaan asing asal Hongkong yaitu Hutchison Port Holdings (HPH).

Penjualan JICT dinilai SP tak mengikuti hukum yang berlaku dan harga jual yang tidak pantas pada pihak asing. "Sungguh menggelikan bila Lino justru menuduh SP sebagai tidak nasionalis," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.