Bank Mandiri dan British Council Bantu Kembangkan Wisata di Wakatobi

Kompas.com - 08/08/2015, 06:50 WIB
Pulau Hoga, Taman Nasional Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/10/2013). KOMPAS.com/Indra AkuntonoPulau Hoga, Taman Nasional Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/10/2013).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - British Council bersama PT Bank Mandiri Tbk meluncurkan kawasan wisata Mola yang terdiri dari lima desa di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara lewat program Mandiri Bersama Mandiri (MBM).

Peluncuran kawasan wisata Mola tersebut dilakukan oleh Deputi Regional CEO Sulawesi dan Maluku Bank Mandiri, Tonggo Marbun, Direktur British Council Indonesia Sally Goggin, dan disaksikan oleh Bupati Wakatobi, Hugua, di Desa Mola Utara, Wakatobi, Jumat (7/8/2015).

Menurut Deputi Regional CEO Sulawesi dan Maluku Bank Mandiri Tonggo Marbun,  pengembangan kawasan wisata ini bertujuan untuk mendorong sektor pariwisata berbasis komunitas di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan langkah ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Wakatobi, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan tentu memiliki potensi pariwisata alam dan etnik yang menarik untuk dikembangkan secara berkelanjutan. Karena itulah kami bersama British Council mengembangkan kawasan ini, untuk memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat,” kata Tonggo.

Sementara itu, Direktur British Council Indonesia Sally Goggin menegaskan pentingnya aspek pembangunan manusia dalam pengelolaan destinasi wisata secara berkelanjutan.

“British Council ingin turut berkontribusi dalam mengembangkan konsep eko-wisata di berbagai wilayah Indonesia sehingga terbangun pula pola interaksi sosio-kultural yang berkesinambungan,” kata Sally Goggin.

Pada program ini, Bank Mandiri, British Council dan pemerintah Wakatobi mendampingi masyarakat dengan membangun kapasitas dan infrastruktur sehingga nantinya dapat mengelola sendiri potensi wisata yang dimiliki.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wakatobi sendiri sudah dikenal sebagai satu objek wisata yang memiliki taman laut nasional yang indah. Berdasarkan data UNESCO, Wakatobi memiliki kekayaan bawah laut dengan sekitar 850 spesies koral, karang dan jenis biota laut lainnya yang sulit ditemukan di tempat lain.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X