Kembangkan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Gandeng BPPT

Kompas.com - 10/08/2015, 19:11 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaDirektur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melakukan penandatangan kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk pengembangan dan penerapan teknologi minyak dan gas bumi (migas) serta energi baru terbarukan (EBT).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN). Di situ termaktub bahwa pemanfaatan gas ditargetkan sebesar 30 persen dan EBT sebesar 17 persen dari total pasokan energi nasional pada tahun 2025. “Kerja sama ini memungkinkan Pertamina dan BPPT untuk melakukan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing pihak, bantuan teknis, pendidikan dan pelatihan, hingga pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian yang sudah ada,” kata Dwi di Jakarta, Senin (10/8/2015).

Kesepakatan bersama ini, lanjut dia, mencakup pengkajian dan penerapan teknologi di bidang migas serta EBT berikut sistem pendukung yang diperlukan. “Melalui kerjasama ini diharapkan dapat dihasilkan inovasi-inovasi baru di bidang teknologi migas, EBT berikut sistem pendukungnya,” ungkap Dwi.

Dengan kerja sama ini, Dwi mengatakan, proses engineering dan pengembangan EBT yang selama ini menggunakan konsultan luar bisa digantikan oleh BPPT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X