Kocok Ulang Kabinet Kerja, Jabatan Komut di Dua Bank BUMN Lowong

Kompas.com - 12/08/2015, 15:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Perombakan Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK menyebabkan kosongnya dua jabatan komisaris utama di dua bank BUMN, yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Mandiri Tbk.

Sebagaimana diketahui, Darmin Nasution yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri, ditunjuk menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Sementara itu, Rizal Ramli yang menjadi Komisaris Utama BNI diangkat menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Jika dihitung sejak RUPS yang digelar pada 16 Maret 2015, Darmin Nasution menduduki posisi Komisaris Utama Bank Mandiri baru 4 bulan dan 24 hari. Sementara itu bagi Rizal Ramli, dia baru menduduki jabatannya sebagai Komisaris Utama BNI selama 4 bulan dan 23 hari.

Sesuai ketentuan, pengunduran diri seseorang dari jabatan komisaris harus mendapatkan izin pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Demikian juga untuk pengangkatan seseorang menduduki posisi itu.

Saham dua bank tersebut pada siang hari ini memerah, akibat terkena aksi jual utamanya oleh investor asing. Bukan karena ditinggalkan komisaris utamanya menjadi menteri, melainkan sentimen pasar akibat devaluasi yuan oleh pemerintah China.

Saham Bank Mandiri pada pukul 15.19 diperdagangkan melemah sebesar 4,64 persen di posisi Rp 8.725 per saham. Sementara itu saham BNI juga diperdagangkan melemah, yakni sebesar 3,43 persen di posisi 4.505 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.