Cukupi Kebutuhan Pasar, OJK Minta Sejumlah Bank untuk Tambah Modal

Kompas.com - 13/08/2015, 17:46 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad meminta tiga-empat bank dalam kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 1 untuk menambah modal.

Menurut Muliaman, penambahan modal tidak hanya dibutuhkan ketika resiko kredit bermasalah (NPL) tinggi, melainkan memenuhi kebutuhan pasar.

“Rasanya saya sudah minta tiga atau empat bank menambah modal, tapi enggak hanya karena NPL. Karena isu yang lain juga. Jadi, dinamika pasar yang berkembang,” kata Muliaman ditemui usai rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK), di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Sejauh ini belum ada bank yang mengalami masalah permodalan. Akan tetapi, dia mengingatkan, bank-bank perlu melakukan penambahan modal jika ingin menambah penyaluran kredit.

“Kalau dia nambah kreditnya, modal harus ditambah. Jadi, anytime bank harus tambah modal,” sambung Muliaman.

Sebagaimana diketahui, terjadi tekanan terhadap risiko NPL karena kurs mendekati Rp 14.000 per dollar AS. Kendati demikian, bank-bank sejauh ini memiliki cover yang cukup memadai untuk merespons isu terkait NPL.

“Dan oleh karena itu bank terus meningkatkan kecukupan cadangan yang memadahi. Sampai hari ini cadangan itu sudah cukup, dan tentu saja kita berharap NPL tidak terekskalasi (karena resiko kurs),” ungkap Muliaman.

Sampai dengan akhir semester I-2015 NPL nett tercatat di level 1,25 persen, sedangkan NPL gross di 2,45 persen. Adapun rasio kecukupan modal sebesar 20,28 persen, sementara rasio likuiditas mencapai 80,94 persen. Rasio likuiditas menggambarkan perbandingan antara aset likuid dengan non-current deficit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.