Tak Lagi Jadi Menteri, Rachmat Gobel Janji Bantu Thomas

Kompas.com - 18/08/2015, 16:26 WIB
KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Bos Panasonic Gobel Indonesia, yang juga eks Menteri Perdagangan Rachmat Gobel meninjau Pasar Kramat Jati bersama Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Selasa (18/8/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel tetap menaruh perhatian besar terhadap perdagangan Indonesia kendati tak lagi menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Rachmat yang dijumpai dalam sebuah acara pribadi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur mengatakan meski tak lagi duduk berkantor di Ridwan Rais, namun ia tetap akan membantu Menteri Perdagangan yang baru Thomas Lembong untuk meningkatkan ekspor.

"Diminta atau tidak diminta kita aman bantu beliau untuk meningkatkan ekspor," kata Rachmat Selasa (18/8/2015).

Sayangnya Rachmat enggan menyebut berapa target peningkatan ekspor elektronik, bidang usahanya.

Sebagaimana diberitakan, sewaktu menjabat sebagai Menteri Perdagangan Rachmat pernah dengan sangat ambisius mematok target ekspor dalam lima tahun ke depan naik 300 persen. Yang jelas kata dia, apapun kebijakan yang akan dikeluarkan Thomas nantinya, akan dia dukung.

"Kita harus mendukung penuh Menteri baru, karena tahu betapa sulitnya (mengemban amanah), saya akan bantu dia sebagai Menteri," ucap Rachmat.

Baru saja BPS melaporkan neraca perdagangan RI pada Juli 2015 mengalami surplus 1,33 miliar dollar AS. Surplus tersebut merupakan yang terbesar dalam 19 bulan terakhir.

Sayangnya, Rachmat enggan memberi komentar meskipun pada bulan Juli, dirinya masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Hingga berita ini dibuat, Rachmat masih menunggu datangnya Thomas Lembong yang tengah menghadiri agenda di Kementerian Perindustrian.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorErlangga Djumena
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X