Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Siap Tanam Modal Rp 20,7 Triliun untuk Energi Baru Terbarukan

Kompas.com - 19/08/2015, 18:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) siap berinvestasi di bisnis hulu energi baru dan terbarukan (EBT) dengan rencana modal yang akan dibenamkan mencapai 1,5 miliar dollar AS, atau setara Rp 20,7 triliun (kurs Rp 13.800).

Direktur Gas, Energi Baru dan Terbarukan Pertamina Yenni Andayani mengatakan rencana investasi tersebut akan digunakan untuk pengembangan bisnis EBT, di luar panas bumi, hingga 2019 mendatang. Menurut Yenni, kebijakan harga menjadi kunci sukses bagi pengembangan EBT.

“Apalagi dengan kondisi harga minyak mentah seperti saat ini. Tentu saja, EBT menghadapi tantangan karena harus berkompetisi dengan energi fosil yang sedang turun harga,” kata dia melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Yenni juga menyampaikan bahwa Pertamina menyambut baik adanya berbagai kebijakan pendukung bagi terwujudnya pengembangan EBT, seperti insentif harga untuk pembangkit listrik panas bumi, air, biomassa, dan juga biogas.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menuturkan, Pertamina tetap berkomitmen untuk mencari sumber-sumber energi termasuk EBT yang dapat digunakan untuk menopang kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com