PLN Beli 622 MW Listrik dari Pembangkit Energi Baru Terbarukan Milik Swasta

Kompas.com - 19/08/2015, 18:47 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyepakati komitmen pembelian tenaga listrik dari sejumlah Independent Power Producer (IPP) dengan kapasitas total mencapai 622 megawatt (MW), di ajang Energi Baru dan Terbarukan Conference Expo (EBT Conex).

Listrik yang dibeli berasal dari pembangkit jenis energi baru dan terbarukan (EBT), seperti air, angin, dan matahari. “Total investasi untuk kelima proyek akan mencapai sebesar 1,71 miliar dollar AS (setara Rp 23,6 triliun),” tulis Sekretaris Perusahaan PLN Adi Supriono dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Lima proyek yang disepakati yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru berkapasitas 510 MW, di Sumatera Utara yang dikembangkan PT North Sumatera Hydro Energy. Selanjutnya PLTA Hasang kapasitas 3 X 13 MW, di Sumatera Utara yang dikembangkan PT Binsar Natorang Energy.

PLN juga menyepakati komitmen untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, berkapasitas 70 MW, di Sulawesi Selatan yang dikembangkan PT UPC. Adapun proyek keempat yakni, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Gorontalo, berkapasitas 2 Mega Watt peak (MWp) yang dikembangkan PT Brantas Adya Surya Energi.

Terakhir adalah PLTS Sumba Timur, berkapasitas 1 MWp, di Nusa Tenggara Timur yang dikembangkan PT Buana Energi Surya.

Dengan adanya kesepakatan ini, maka komitmen tambahan pasokan listrik melalui pembangkit EBT yang sudah tertuang dalam Power Purchase Agreement (PPA) adalah sebesar 5.014 MW. Diharapkan target penambahan pembangkit EBT tahun 2019 sebesar 4.116 MW akan dapat dilampaui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.