Jonan: Kalau Mau Demo Saya 1 Juta Orang Juga Enggak Apa-apa...

Kompas.com - 20/08/2015, 17:35 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan KOMPAS.com/Andri Donnal PuteraMenteri Perhubungan Ignasius Jonan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kembali menegaskan bahwa aspek keselamatan harus menjadi prioritas utama di semua sektor perhubungan, termasuk perhubungan laut. Bahkan, dia berujar, meski didemo 1 juta orang pun, aspek keselamatan itu tak akan bisa ditawar-tawar.

"Satu hal yang tidak bisa ditawar, masalah safety. Kalian mau demo saya satu juta orang juga enggak apa-apa, saya enggak mundur, malah makin terkenal. Masalah safety, mau separuh perusahaan INSA (Asosiasi Pengusaha Pelayaran Indonesia) bangkrut enggak apa-apa. Pasalnya, itu (aspek safety) kewajiban kita semua," ujar Jonan saat berbicara di hadapan ratusan pengusaha kapal yang tergabung dalam INSA, di Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Menurut Jonan, memprioritaskan aspek keselamatan merupakan bagian dalam filosofi bisnis. Mengembangkan bisnis, kata dia, tidak boleh dengan mengesampingkan aspek keselamatan. Seharusnya, pengembangan bisnis bisa sejalan dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, termasuk peningkatan aspek keselamatan. "Di dalam filosofi bisnis, itu (safety) adalah humanity," kata dia.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada semua anggota INSA untuk berbisnis secara sehat dan mampu meraih keuntungan. Pasalnya, kalau perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam INSA merugi, pemerintah akan ikut pusing memikirkan kelanjutan industri pelayaran.

Sementara itu, terkait aturan, Jonan mempersilakan para pengusaha pelayaran mengajukan saran perubahan apabila ada aturan yang dirasa menghalangi perkembangan industri pelayaran. "Kalau perubahan peraturan diperlukan, selama itu dalam kewenangan saya, tolong diajukan saja, nanti kita duduk berunding bersama," ucap Jonan.

Baca juga: Ada Susi dan Jonan, Rizal Ramli Sebut Menteri di Bawah Koordinasinya Nekat-nekat

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X