Kompas.com - 23/08/2015, 10:05 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyalurkan fasilitas KUR kepada nasabah yang da di Pontianak Kalimantan Barat.

Sebagaimana telah diketahui, BRI mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyalurkan KUR sebanyak Rp 21,4 Triliun, dari total Rp 30 Triliun yang akan disalurkan di tahun 2015 ini.

“Kami berbesar hati, karena kami diberi kepercayaan yang sangat tinggi untuk menyalurkan KUR 2015 ini. Kami rasa, jaringan kami yang terbesar dan tersebar serta kesiapan SDM berikut sistem teknologi yang kami miliki yang membuat BRI mendapat porsi terbesar penyaluran KUR dibanding bank yang lain,” kata Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria dalam penjelasan resminya, Sabtu (22/8/2015).

Kuota KUR sebesar Rp 21,4 triliun ini dibagi menjadi dua segmen penyaluran kredit. Untuk segmen mikro, KUR mikro yang akan disalurkan sebanyak Rp 17,4 triliun.

Sementara itu, kuota yang Rp 4 triliun akan disalurkan ke segmen KUR ritel. Keduanya akan disalurkan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, terutama terkait suku bunga yang dikenakan, yakni dengan suku bunga 12 persen.

“Sesuai yang ditetapkan pemerintah, Bank BRI menurunkan bunga KUR dari semula 22 persen menjadi 19 persen per tahun. Dengan subsidi bunga sebesar 7 persen, pelaku usaha mikro yang mengajukan kredit KUR Mikro hanya akan dikenai bunga sebesar 12 persen,” lanjut Budi.

Hingga Juni 2015, total outstanding Bank BRI di segmen KUR mikro mencapai Rp 13 Triliun dengan jumlah debitur 1,7 juta. Sejak dilakukannya moratorium KUR oleh pemerintah, Bank BRI telah meluncurkan kredit Kupedes Rakyat sebagai alternatif bagi pelaku usaha UMKM yang tak dapat dilayani dengan KUR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak Januari 2015, Kupedes Rakyat mampu membukukan outstanding Rp 14,4 triliun dengan total debitur sebanyak 1,2 juta.

Terkait pelayanan, KUR Mikro dan Kupedes Rakyat dapat dilayani di BRI Unit, BRI Teras, dan BRI Teras Kapal. “Kami optimis penyaluran kembali kredit KUR ini dapat membantu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang sempat melambat di paruh pertama 2015, karena sektor riil akan mampu digerakkan secara signifikan,” pungkas Budi.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X