Menteri Thomas: Minuman Beralkohol Tetap Dikenakan Bea Masuk

Kompas.com - 24/08/2015, 09:06 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas Lembong berhasil meyakinkan para menteri negara anggota ASEAN agar minuman beralkohol tetap berada dalam kelompok General Exemption List (GEL).  Hal ini dicapai  dalam pertemuan ASEAN Free Trade Area (AFTA) Council ke-29 yang berlangsung Sabtu (22/8/2015) lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan demikian, minuman beralkohol minuman beralkohol tetap dikenai bea masuk. “Keberhasilan ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi moral dan budaya masyarakat Indonesia, serta dampak negatif dari minuman beralkohol,”  ujar Thomas, dalam siaran persnya.

Perjuangan mempertahankan pengenaan bea masuk bagi minuman beralkohol ini, lanjut Mentri Perdagangan (Mendag), sejalan dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaaan, Peredaran, Penjualan Minuman beralkohol. Menteri Thomas menyatakan, dia akan mempertahankan aturan ini.

Selain minuman beralkohol, Indonesia juga telah berhasil mempertahankan beras dan gula untuk tetap dapat dikenakan tarif atau bea masuk, sebab kedua komoditas tersebut merupakan produk strategis dan sensif  bagi Indonesia.

Bea masuk yang diterapkan masing-masing sebesar 20 persen untuk beras, 10 persen untuk gula rafinasi, dan 5 persen untuk gula mentah. (Handoyo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.