Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Tegaskan Pemerintah Tak Diam Diri Atasi Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 25/08/2015, 13:56 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro menegaskan, pemerintah tak akan berdiam diri mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Saat ini, nilai tukar rupiah sudah menembus angka Rp 14.000 per dollar AS.

"Pemerintah dan BI tidak pernah berdiam diri untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah, seperti yang dihadapi juga oleh mata uang negara lainnya terhadap dollar AS," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Selasa (25/8/2015).

Ia mengatakan, sejak dua tahun terakhir pemerintah Amerika berupaya melanjutkan langkah normalisasi kebijakan moneter. Kondisi ini rupanya berpengaruh terhadap kondisi perekonomian global termasuk Indonesia.

"Kemudian diperparah pada beberapa waktu terakhir dengan kebijakan devaluasi Yuan Tiongkok," katanya.

Ia menambahkan, stabilitas nilai tukar rupiah perlu dijaga agar tidak berdampak luas terhadap aspek perekonomian nasional. Dalam R-APBN 2016, diperkirakan rata-rata nilai tukar rupiah akan mencapai Rp 13.400 per dollar AS. Namun, itu merupakan rentang nilai tukar maksimum yang ditargetkan.

"Dalam pembicaraan pendahuluan penyusunan R-APBN 2016 pada Juli 2015 lalu, rata-rata nilai tukar yang disepakati Rp 13.000 - Rp 13.400," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com