Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Penyaluran KUR, Wapres Ingatkan Tak Perlu Khawatir NPL

Kompas.com - 25/08/2015, 23:59 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, potensi kredit bermasalah atau kredit non performing loan (NPL) terkait kredit usaha rakyat (KUR) tidak perlu dikhawatirkan. Pemerintah telah menjamin risiko penyaluran KUR tersebut.

"Karena itu kita tak perlu khawatir bahwa ada risikonya, pasti semua kredit ada risikonya. Kan risikonya dijamin oleh pemerintah dengan Jamkrindo, yang bayar premi risiko pemerintah justru," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Menurut Kalla, penyaluran KUR Rp 30 triliun harus terealisasi sepenuhnya. Pemerintah berharap penyaluran KUR bisa menopang usaha kecil menengah (UKM) sehingga bisa tetap hidup dalam kondisi lemahnya perekonomian nasional.

"KUR itu harus segera mulai dijalankan karena rapat kemarin di Bogor, KUR itu harus tahun ini Rp 30 triliun. Empat bulan lagi keluarkan untuk menopang usaha-usaha UKM segera tumbuh, khususnya di pedesaan. Apabila ada pelemahan ekonomi, ada kekuatan dari UKPM tetap jalan," papar Kalla.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui, sulit untuk mengejar target kredit usaha rakyat (KUR) terserap sepenuhnya pada tahun ini. Untuk tahun ini, pemerintah menargetkan penyaluran KUR hingga Rp 30 triliun, dengan rincian Rp 20 triliun untuk mikro, Rp 9,8 triliun untuk ritel, dan Rp 200 miliar untuk TKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com