Kompas.com - 27/08/2015, 13:38 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memaparkan saat ini pihaknya tidak berani menaikkan suku bunga acuan (BI Rate), karena bisa berdampak kepada aset investor asing yang bisa ditarik keluar Indonesia.

Untuk itu dia meminta kepada seluruh pengusaha dan pelaku pasar modal menjaga iklim investasi dengan baik. Pasalnya saat ini ada uang dari investor asing sebesar Rp 540 triliun yang berada di dalam surat utang negara (SUN) dan pasar modal.

"Kita agak sulit menaikkan suku bunga, ini namanya ketidakpastian, tidak bisa ambil risiko," ujar Agus di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Agus memaparkan di tengah melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS, pemerintah akan memberikan kepastian investasi dalam negeri untuk investor asing.

Jika uang milik asing kabur, Agus yakin hal itu akan berdampak tak hanya pada nilai tukar rupiah, tapi juga makro ekonomi. "10 persen keluar saja akan memberi tekanan pada kita," papar Agus.

Saat ini pemerintah dan BI , kata Agus terus melakukan antisipasi perkembangan ekonomi global. Untuk dunia usaha, Agus mengimbau untuk tetap tenang tanpa takut akan bahaya ancaman krisis.

"Kita harus lihat dinamika tinggi yang perlu diwaspadai. Tapi komitmen nasional harus tetap tenang," kata Agus. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.